KETUA PCNU JAKARTA UTARA AJAK PEMUDA RAMAIKAN MASJID

KETUA PCNU JAKARTA UTARA AJAK PEMUDA RAMAIKAN MASJID

Kecenderungan sebagian remaja Indonesia memilih tongkrongan di mal ketimbang beraktivitas di masjid merupakan kenyataan yang memprihatinkan. Perlu sebuah terobosan agar mereka bisa kembali ke masjid, sehingga rumah ibadah umat Islam ini semarak karena banyaknya aktivitas positif para remaja.

KH. Ali Mahfud. M. Ag ketua PCNU Jakarta Utara (Foto Akmal)

Keprihatinan tersebut disampaikan Ketua PCNU Jakarta Utara KH. Ali Mahfud.M.Ag saat memberikan bantuan dan gerakan Jum’at bersih di Masjid Nurul Huda Pademangan Barat, Jum’at (3/11/2017).

Menurutnya, hampir 80 persen masjid dan mushala di wilayah Jakarta Utara sepi dari aktivitaa kegiatan remaja, termasuk aktivitas pendidikan, apalagi kegiatan ekononomi dan Madrasah Diniyah ( MADIN) seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah dan wilayah yang berbasis Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan Paling banter, kata Kyai Ali, hanya kegiatan shalat maghrib, isya, dan subuh dalam jumlah jamaah yang amat sedikit, serta shalat jumat.

Fungsi masjid sebagai pelayan jamaah, lanjutnya, belum maksimal dan ini perlu revitalisasi fungsi masjid dengan terlebih dahulu menyadarkan mengurus atau tamir masjid sebagai penyambung tangan rahmat Allah SWT. “Problem ini harus kita pecahkan bersama agar masjid tidak sepi pemuda, yang tentunya dengan meluncurkan program yang komunikatif seperti tersedianya perpustakan, kajian – kajian tentang ke Islaman dan hal yang postif buat para generasi muda dan orang tua,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Lembaga Takmir Masjid (LTM NU) Cabang Jakarta Utara memberikan Perlengkapan Sholat 5 Paket. Dan Perlengkapan Bersih bersih 5 Paket. Serta melakukan bersih bersih di Masjid Nurul Huda Kelurahan Pademangan Barat Kecamatan Pademangan.

” Saya berharap LTM NU Jakarta Utara istiqomah turun ke Masjid – Masjid setiap hari jumat. Dan harapan saya kedepan buat, LTM NU Jakarta Utara jangan cuma bersih – bersih masjid nya saja. Tetapi bisa membantu secara manajemen untuk pengembangan Kemandirian Masjid yang ada di wilayah Jakarta Utara kalau perlu kita bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).”Tegas beliau, kepada para pengurus masjid dan pengurus LTM NU Jakarta Utara.

Hadir dalam acara kegiatan Cint gerakan cinta masjid, antara lain Muhammad Wagimin, Ketua LTM NU Jakarta Utara, Ketua MWCNU kecamatan Pademangan, Pengrus DKM Nurul Huda, Para Pengurus PCNU Jakarta Utara dan Banom Banom NU, GP. Ansor, IPNU IPPNu, FATAYAT dan tokoh masyarakat Kelurahan Pademangan Barat.

Reporter : Akmal

Share this post