BNI Syariah Jalin Kerjasama dengan LTMNU DKI Jakarta

BNI Syariah Jalin Kerjasama dengan LTMNU DKI Jakarta

 

PCNU Jakarta Utara –  PT. Bank BNI Syariah
Cabang Jakarta Barat kembali menggelar pelatihan bagi Ta’mir masjid bertempat di Aula Gedung Jakarta Islamic Center Koja Jakarta Utara, Minggu (26/8).

Pelatihan itu sendiri mendapat sambutan sangat positif dari para ta’mir Masjid dan warga Nahdlatul Ulama Jakarta. Bahkan, suasana pelatihan yang digelar di Aula Gedung Islamic Center Koja Jakarta Utara, terlihat berbeda dengan tempat pelatihan lainnya.

Pelatihan di Jakarta Islamic Center ( JIC7) tersebut dipadati peserta, lebih dari 100 orang. Sepertinya, para ta’mir Masjid sangat antusias dalam mengikuti materi yang diberikan oleh para nara sumber.

Pelatihan mendatangkan pemateri dari sejumlah lembaga kompeten. Antara lain, Lembaga Ta’mir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU), PT. TOA. LEUMart, KH. Ali Mahfudz, KH.Najihun, H.Sudarto dan Ahmad Yani (LTMNU DKI Jakarta).

“Alhamdulillah, saya tidak menyangka jika pelatihan disini (JIC ) jumlah pesertanya lebih banyak dari tempat pelatihan lainnya. Semoga ilmu dari pelatihan bermanfaat bagi semua,” kata Yaumil Akmal , Ketua Panitia Pelaksana, Senen (27/8) saat ditemui di ruang kerjanya.

Ketua Panitia, Yaumil Akmal, mengatakan, pelatihan tersebut rencananya akan dilaksanakan di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk meningkatkan keterampilan kader-kader dan para muharrik masjid NU yang berbakat dan berminat dalam menciptakan ekonomi umat.

Akmal, mengatakan, tujuan dari pelatihan diharapkan dapat membentuk kader muharrik masjid NU yang memiliki pengetahuan dan skill untuk menjadi pemimpin yang berkualitas dalam memakmurkan masjid di wilayahnya.

“Tema yang kami angkat tentang tata kelola manajemen keuangan Masjid.. Juga tema soal manajemen, tata kelola potensi, serta revitalisasi masjid,” tambahnya.

Disamping pelatihan dan kajian sebagai peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), ini LTM NU DKI Jakarta, akan mengadakan kegiatan tentang pemahaman soal media sosial ( Medsos ), bahaya Hoax dan politisasi Masjid yang akan bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN).

“Insya Allah Pelatihan ini akan dilaksanakan pada bulan depan , atau paling lambat akhir tahun ini,” ujarnya.

Ditempat terpisah Kepala Cabang BNI Syariah Cabang Jakarta Barat, Zein Assegaf mengatakan pihaknya akan terus berupaya mengembangkan sistem dan menerbitkan rekening BNI Syariah kepada para pengurus masjid agar bisa menciptakan kemandirian dalam menjalankan roda ekonomi umat Islam.

Pada kegiatan itu dilakukan kerja sama kesepahaman sekaligus perjanjian antara LTMNU PW DKI dengan BNI Syariah tentang penerbitan rekening serta pengelolaan dana melalui pelatihan manajemen masjid.

“Dengen program pelatihan pada siang ini, saya berharap kepada para pengurus ta’mir masjid paham akan fungsinya sebuah masjid bukan hanya sebatas tempat ibadah saja. Tapi menjadi dasar ekonomi umat dan pendidikan berbasis rahmatan lil alimin,” ucap Zein

Sementara itu, Ketua LTM NU Jakarta Barat, KH. Najihun, yang menjadi pemateri menambahkan, pelatihan dan kajian tentang fiqih akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Seperti tata cara merawat jenazah secara syar’i. Karena tidaklah banyak orang yang mau menjadi perawat jenazah. Padahal kehadiran petugas perawat jenazah sangat dibutuhkan ditengah masyarakat.

“Apalagi tidak mudah merawat jenazah dengan kondisi khusus, seperti jenazah yang mengidap penyakit menular. Saya berharap para ta’mir masjid juga bisa bertugas sebagai pengurus jenazah tak hanya sebatas Imam Sholat, tahlil, dan Khotib. Tapi harus paham tata cara memandikan jenazah yang benar secara agama dan tidak mengabaikan sisi kesehatan,” ujarnya,

Tidak lupa, selama pelatihan digelar, PT. TOA juga menyumbangkan sejumlah souvenir kepada pengurus dan takmir masjid berupa kaos dan alat tulis untuk menunjang kegiatan pelatihan Manajemen masjid.

LTMNU Jakarta merupakan lembaga yang mengurusi kemakmuran masjid yang berpotensi besar untuk dapat ikut berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa melalui program Dari Rumah-Nya, Kita Makmurkan Bumi Nya. ( Banu Alkaf )

Share this post