Uluran Tangan Rotary Indonesia

pcnujakut.com – Duka tak bertepi dengan terjadinya musibah gempa ,likiufaksi tsunami di Palu ,Sigi Donggala. Anak bangsa kembali meneteskan air mata meski tak harus larut dalam kepedihan berlama-lama. Secara nyata kita semua harus berbuat segera untuk meringankan penderitaan para korban gempa, Likuifaksi dan tsunami tersebut.

Rotary Indonesia Peduli dan Berbagi

Sebagai organisasi sosial dan kemanusiaan, Rotary Indonesia segera bergerak untuk mengangkat dan meringankan penderitaan para korban. Dua kontainer dari Jakarta, berisi sumbangan berupa barang-barang (Bukan Uang) kebutuhan para pengungsi langsung dikirim ke lokasi pengungsian.  Sumbangan itu dikumpulkan dari para anggota Rotary se-Jabodetabek, yang dimotori oleh para Rotary Club Jakarta Menteng, Jakarta Cinere, Jakarta Metropolitan, Jakarta Cawang Tebet, Jakarta West, Kebayoran, Tangerang, Jakarta Sentral,Jakarta Gunawarman dan Jakarta Millennium.

Senin, 5 November 2018, kontainer tersebut tiba di pelabuhan Pelindo Palu. Semua barang-barang sumbangan tersebut dititipkan di gudang Korem 132 Tadulako Kodam 13 Merdeka, di GOR Sirinindi, Kota Palu.

Serah terima dilakukan oleh 3 pihak yang bertanggung jawab, yaitu, Wakil Ketua Disaster Relief Committee dari Rotary International (R.I.) District 3410 (D.3410 meliputi Indonesia Barat) Rotarian Moshe Rizal (mewakili R.I. D.3410), Mayor Infantri Mutabir (mewakili Korem) dan Rotarian Abdul Rozak (mewakili Rotary Club Ujungpandang – Palu dan R.I. D.3420 yang meliputi Indonesia Timur). Serah-terima disaksikan oleh mantan District Governor D.3410, Sumantoro Radjiman, dan Kapten Sasela dari Kodim 1306 Kota Palu

Kehadiran para anggota Rotary di Palu selama 3 hari untuk memastikan bahwa sumbangan yang dikumpulkan oleh para anggota Rotary, keluarga mereka serta para sahabat anggota Rotary betul-betul telah sampai di Palu untuk segera dibagikan kepada masyarakat pengungsi korban gempa dan tsunami.

Huntara

Kehadiran para anggota Rotary di Palu, Sigi dan Petobo, sekaligus guna melakukan koordinasi dengan rekan-rekan Rotary International D. 3420 dan Rotarian dr. Budi dari RC Semarang Pendawa untuk membangun Huntara (Hunian Rumah Sementara).  Rotary Indonesia berencana membangun 200 Huntara yang berlokasi di Desa Jono Oge, Kec. Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.  Ini adalah bentuk nyata sumbangsih dan kepedulian Rotary di Indonesia bahwa di balik kesulitan kita menghadapi dinamika situasi ekonomi dan politik di tahun politik sekarang ini, para anggota Rotary terpanggil untuk tetap peduli dan berbagi mengulurkan tangan meraih hati saudara-saudara kita yang sedang berduka mengalami derita musibah di Palu, Sigi dan Donggala.

Selesai Rapat Koordinasi Rombongan Berkesempatan terjun langsung membagikan Alat/Bahan kebutuhan sehari-hari, obat-obatan, Air Mineral, tikar dan Tenda langsung ke Para Pengungsi  yang Tinggal di Tenda ataupun Huntara

Semoga Palu Segera Bangkit Kembali.

Share this post