Ingat dan Dekat Kepada Generasi Adalah Menyiapkan Masa Depan

Ingat dan Dekat Kepada Generasi Adalah Menyiapkan Masa Depan

PCNU Jakarta Utara – Sistem kapitalisme yang tak terkontrol mengajak mayoritas manusia terjebak pada polo konsumerisme. Orientasi perlombaan melakukan banyak-banyakan pengadaan barang, akhirnya mejerat betul bagi para pengikut mazhab tersebut.

Waktu selalu dimaknai hanya untuk mendpatkan uang, tak ada uang tak sudi, tak ada uang tak partisipasi. Fenomena yang semakin mejamur dalam setiap sektor sendi kehidupan.

Jeratan keinginan yang menuntut balik inilah sehingga membatasi ruang gerak para pelakunya. Menjenguk orang sakit tak bisa, apalagi mengikuti berbagai macam jenis kegiatan ibadah sosial masyarakatnya pun tak ada waktu untuknya.

Karna waktu dan tenaga sudah terperas betul guna memproduksi materi demi melayani produk-produk industri. Baik yang melakat di dinding rumah, atas meja, dalam kulkas, aneka perabotan dapur, listrik, bensin, pulsa dan lain sebagainya.

Produk-produk yang menjelma seperti penjajah terus diproduksi, bahkan dipaksakan menjadi ukuran kemajuan dan kemapanan. Terus terproduksi jika perlu tidak usah dibatasi.

Akhirnya salah satu dampak seperti yang disebut di atas, waktu untuk dekat dan melakukan pembinaan terhadap generasi sangalah berkurang. Maka tak heran jika ada istilah anak ayam kehilangan induk. Padahal syarat menyiapan masa depan harus dekat dengan generasi. Sebagaimana menjalankan ajaran air yang harus mengalir dari atas turun kebawah. Siapapun yang merasa diatas, baik tenaga, ilmu, materi dan sebagainya harus berbagi dengan yang bawah.

Pola keseimbangan ini harus dijaga, antara timba mendekat ke sumur, kecil ke yang besar, miskin ke yang kaya, atau lemah ke yang kuat. Begitupula air mengalir dari atas turun kebawah juga harus ada anak-anak bangsa yang siap menghendelnya, tentunya dengan segala bentuk konsekuensinya.

Pelajaran peguatan yang didapat hari ini, jika ada yang salah mohon diluruskan.
Salam hormat semuanya.

Bersambung

Oleh : Cak Rokhim

PC. Lesbumi NU Jakarta Utara

Share this post