Ustaz Abdul Somad Baiat Tarekat pada Habib Lutfi

Ustaz Abdul Somad Baiat Tarekat pada Habib Lutfi

PCNU Jakarta Utara – Kemarin, UstadAbdul Somad mengunjungi Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Pada kunjungan tersebut beliau datang untuk berbaiat thariqah kepada Habib Luthfi yang merupakan  Rais Aam Jami’iyah Ahlith Rhariqah al-Mutabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Nahdlatul Ulama.

Menurut keterangan KH. Fadlolan Musyaffa Mu’thi yang ikut dalam pertemuan tersebut. Habib Luthfi terlihat senang dengan kedatangan Ustad Abdul Somad sehingga memeluknya. Pada momen itulah Maulana Luthfi memproklamirkan agar memangggilnya dengan Syaikh bukan lagi dengan panggilan Ustad yang tidak seperti ulama NU.

Pada kesempatan tersebut Habib Lutfhi mengajak Ustad Abdul Somad untuk bersama-sama perkuat dakwah para ulama Nahdhatul Ulama dan menjawab permasalahan Salafi-Wahabi.

“Kita butuh persatuan ulama perekat umat, bukan malah cari perbedaan. Sekalipun ada orang NU yang tidak sejalan dengan antum, biarkan. Kalau NU tidak mau antum, akan saya masukkan di struktur pengurus JATMAN NU (Jam’iyah Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah). Antum siap kan?” Tanya Habib Luthfi kemudian, sebagaimana mengutip dalam keterangan yang ditulsi leh KH. Fadlolan.

Ajakan tersebut disambut baik oleh Ustad Abdul Somad, kemudian beliau menjawab, “Hadir u’murni ya Maulana.” Terlihat dalam laman Facebook-nya, Ustad Abdul Somad juga mencatat nasehat Habib Luthfi agar tetap menjadi benteng Ahlussunnah Waljama’ah.

Ustad Abdul Somad, menurut Habib Luthfi, merupakan seorang kader NU yang sudah kapabel dan punya segalanya, bahkan tidak hanya ilmu yang mumpuni, tapi nasab yang tinggi dari kakeknya Ustad Abdurrahman, ulama Riau, seorang mursyid Thariqah Syatthariyah di Sumatra.

Pada momen silaturahim yang berlangsung sekitas satu jam tersebut, UstadAbdul Somad  membawa beberapa lembar kertas yang ditulis tangan silsilah sanad Thariqah dari buku karya kakeknya yang telah ditahqiq muqabalah dengan beberapa kitab tasawuf.

Rupanya, kata KH. Fadlolan, Ustad Abdul Somad pada kesempatan tersebut bermaksud menyocokkan nama-nama sanad thariqah NU dan mendiskusikannya bersama Habib Luthfi yang sangat hafal sanad thariqah sampai Rasulullah SAW. ada beberapa nama yang dikoreksi oleh beliau.

“Kunjungan/ziarah ini menjadikan Ustad Abdus Shamad, seperti kembali pulang ke pangkuan ulama Nahdliyin asli habitat Ahlussunnah an-Nahdliyah, terbukti diubahnya panggilan Ustdz menjadi Syaikh, (beliau) berbaiat Thariqah dan diskusi Sanad Thariqah Mu’tabarah An-Nahdliyah (bersama Habib Yahya),” ujar KH. Fadlolan.

Sebelumnya, Ustad Abdul Somad telah baiat pada dua thariqah, Syatthariyah dan Naqsyabandiah. Sehingga menurut Habib Luthfi Bin Yahya wajar jika Ustad Abdul Somad berbaiat disana pertama kali, sebab sanad Thariqah Naqsyabandiyah tertua memang di Medan.

*Disadur dari berbagai sumber

Share this post