Masjid Harus Jadi Pusat Pelayanan dan Pemakmuran Jama’ah

Masjid Harus Jadi Pusat Pelayanan dan Pemakmuran Jama’ah

PCNU Jakarta Utara – Lembaga Ta’mir Masjid Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (LTM PWNU) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat), Manajemen Masjid Tahun 2019 di Aula Gedung Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. Dengan tema “ Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid, sebagai pusat pelayanan dan pemakmuran Jamahah”. Sabtu, (9/03).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 134 orang peserta yang berasal dari wilayah Kota se-Provinsi DKI Jakarta terdiri dari masjid warga Nahdlatul Ulama dan Undangan lainnya yang berhubungan dengan kemasjidan.

Ketua PBNU bidang Ta’mir dan Dakwah, KH. Abdul Manan Ghani membuka acara tersebut sekaligus memberikan arahan kepada seluruh peserta yang hadir. Dalam arahannya, Kiai Manan mengajak kepada semua pihak untuk mengelola masjid supaya lebih baik lagi dan memfungsikan masjid tidak sebatas untuk ibadah sholat dan tertutup pada sebagian kelompok tertentu. “Pada zaman sekarang ini, pengelolaan masjid harus lebih berkualitas demi terwujudnya tata kelola masjid yang optimal. Dan yang lebih penting lagi, jangan sampai masjid ini terkesan hanya untuk dipergunakan untuk sekelompok tertentu saja dan jangan sampai memberikan kesan eksklusif”. Tutur Kiai asal Cirebon.

Selanjutnya, Kiai Manan mengajak seluruh peserta Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Manajemen Masjid yang ada di Provinsi DKI Jakarta untuk mengajak masyarakat di lingkungannya untuk sama-sama memakmurkan masjid, misalnya dengan sholat berjamaah dan pengajian rutin yang dilaksanakan di masjid.  “Jangan sampai masjid-masjid yang ada di daerah kita hanya bagus dan besar bangunannya, tapi yang sholat berjamaahnya sedikit. Khususnya masjid NU jangan sampai amaliyah seperti Qunut, tahlil dan yasin hilang”. Tegasnya.

Kata KH. Husni Muchsin Kegiatan Diklat Manajemen Masjid yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan proses rencana tindak lanjut dari Gerakan Bersih Bersih Masjid (BBM), yang dilaksanakan Pada 25 Febuari -1 Maret 2019 serentak se DKI Jakarta. Agenda BBM berkah merupakan suatu kegiatan LTM PWNU DKI Jakarta dalam menyapa masjid baik yang milik NU atau bukan.

“Program BBM berkah, merupakan pintu masuk bagi NU untuk menyapa dan menyiarkan kepada para pengurus atau DKM agar fungsi masjid dikembalikan sebagai sarana ibadah, bukan untuk menyebarkan kebencian”, Tegas Husni Ketua LTM PWNU DKI Jakarta.

Peserta pada kegiatan ini, mendapatkan materi pelatihan dari narasumber lainnya, yaitu: Perwakilan PBNU, LTM PBNU dan LTM PWDKI Jakarta.

 

Reporter : Banu Alkaf

Share this post